Senin, 07 Oktober 2013

Jalan Lubuk Selasih -Padang Aro Rampung

Perekonomian Solok Selatan Bergerak

                                        Kualitas jalan yang menjanjikan denyut perekonomian

SOLOK,BinNews--- Arus transportasi dari Lubuk Selasih ke Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan kembali normal menyusul diperbaikinya sejumlah kerusakaan di  kawasan Aie Dingin dan Surian. Tersebab itu, kebanyakan pengguna jalan provinsi itu mengaku bersuka cita setelah perjalanan menjadi lancar. " Alhamdulillah, alah rancak  jalan ko  baliek. Sagalo urusan bisa capek, " ujar warga Solok Selatan yang mengaku bernama Marwan, 49 tahun, kepada Singgalang di Air Dingin, Lembah Gumanti, Selasa pekan lalu.
Perasaan Marwan bisa jadi merupakan representasi rasa syukur warga Solok Selatan yang saban hari memanfaatkan lintas Lubuk Selasih-Padang Aro. Perbaikan jalan tersebut serta merta menimbulkan dampak ekonomi yang tinggi kepada masyarakat.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Solok Selatan Fachril Murad yang dihubungi secara terpisaah,  memastikan kebijakan rehabilitasi jalan raya menuju SolSel merupakan program yang pro rakyat. Dengan lancarnya hubungan lalu lintas Lubuk Selasih-Lubuk Gadang, lalu lintas perekonomian menjadi tinggi. " Sekalipun kerusakan lebih banyak berada di kawasan Kabupaten Solok, terutama di Aie Dingin, Lolo dan Surian, tetapi yang menikmati orang Solok Selatan. Kita disini bersyukur dan sekaligus berterimakasih kepada wakil rakyat yang memperjuangkan perbaikan jalan dimaksud, " kata Fachril Murad sambil menyebut sejumlah nama anggota Komisi III DPRD Sumbar yang identik dengan perjuangan perbaikan jalan dimaksud.
Sekda Kab.  Sosel yang selalu gigih mendesak  agar perbaikan jalan ke SolSel dilakukan, di gedung DPRD  Sumbar ia bahkan  berharap agar  pembukaan jalan alternatif ke Solok Selatan direalisasikan. Pihaknya meminta supaya Solok Selatan yang merupakan kawasan potensial, juga dapat di akses dari arah Sungai Rumbai dan Painan, Pesisir Selatan." Pembukaan jalan alternatif dari Sungai Rumbai sangat urgent bagi rakyat. Dengan. Pembangunan jalan itu, sekaligus  memberi ruang pertumbuhan kepada Kabupaten Solok Selatan," paparnya.


                                        Setentang perspektif jalan Lubuk Selasih-Muaro Labuh

Berjuang
Menyambut harapan  itu,  anggota DPRD Sumbar Ir. Bachtul memastikan pihaknya terus mengupayakan perbaikan perekonomian masyarakat melalui penguatan infrastruktur. Ia berpendapat aspirasi Kabupaten Solok Selatan yang disuarakan Sekda Fachril Murad sangat logis. " Sejatinya pembukaan jalan baru antara Sungai Rumbai-Solok Selatan sama pentingnya dengan jalan Kiliran Jao-Alahan Panjang-Pasar Baru Painan. Kita terus berjuang untuk itu," jelas anggota Komisi. III DPRD Sumbar itu.
Perbaikan ruas jalan Lubuk Selasih-Padang Aro menelan biaya Rp 38 miliar yang terpecah dalam empat paket pengerjaan. Sejumlah titik lokasi yang cukup parah terdapat di Aie Dingin dan Lolo Pantai Cermin, tampak sangat mulus setelah dilakukan pengecoran beton dengan sistim rigid vafeman.
Aloksi dana yang dipakai untuk kegiatan peningkatan jalan itu, menurut data Dinas Prasarana Jalan dan Tata ruang Pemukiman (Prasjal Tarkim) Sumbar terbagi dalam empat paket perbaikan, yaitu paket Peningkatan
Segem I antara  Surian-Padang Aro  sebanyak Rp. 10.894.769.970. Kemudian peningkatan jalan Surian-Padang Aro Segmen 2 dengan anggaran  Rp. 9.745.022.000, disusul Paket Padang Aro-Lubuk Malako dengan anggaran Rp. 5.592.492.400, serta Peningkatan jalan Lubuk Selasih-Surian memanfaatkan DAK tahun 2013 sebesar  Rp. 11.146.344.400.
Anggota  anggota DPRD Sumbar Ir. Bachtul ketika melakukan peninjauan bersama mantan anggota DPRD Sumbar Israr Jalinus ST. dan Sekretaris PU Kab. Solok Deni Prihatni ST, Selasa (24/9), menyebutkan, pengerjaan jalan Aie Dingin merupakan jawaban atas kebutuhan warga yang sangat mendesak. " Akses ekonominya menjadi lebih tinggi, makanya menjadi prioritas pemeritah untuk perbaikannya," jelas Bachtul.
Anggota Komisi III DPRD Sumbar. Ini bahkan ikut mendorong agar  ruas jalan antar Kabupaten yang berujung di Provinsi Jambi itu menjadi jalan nasional seperti keinginan Pemkab. Solok dan Pemkab. Solok Selatan.
Dengan semakin padatnya lalu lintas dari Padang menuju Sungai Penuh-Jambi,  tentunya transportasi ruas jalan Lubuk Selasih dan Padang Aro akan menjadi tinggi. Itu semua membutuhkan kualitas jalan yang baik untuk kelancaran transportasia.
Bersama  calon anggota DPRD Sumbar dari partai Gerindra, Israr Jalinus,  Bachtul  memandang kawasan Solok Selatan sangat urgens bagi pertumbahan ekonomi Sumatera Barat. Tersebab itu, tokoh muda asal Solok itu bersama koleganya di Komisi III DPRD Sumbar, selalu bersikeras agar arus transportasi ke Solok Selatan mendapat prioritas perbaikan. " Kita semua mengerti bahwa jalan merupakan urat nadi perekonomian, tetapi bagaimana pula perekonomian berdenyut bila urat nadinya tidak lancar. Falsasah itulah yang terus mendorong kita untuk merehab jalan jalan yang rusak ini, " ulas Bachtul yang juga calon anggota DPR-RI dari partai Nasdem itu.

Tingkatkan Status Jalan
 Tiga tokoh muda dalam warna eksekutif-legislatif

Ditempat lain, KPA Rehabilitasi Jalan Lubuk Selasih-Padang Aro dari Dinas Prasarana Jalan Pemukiman dan Tata Ruang Pemukiman (Prasjal Tarkim) Provinsi Sumbar Indra Jaya membenarkan biaya perbaikan jalan Lubuk Selasih-Padang Aro mencapai Rp 38 Miliar yang terpecah dalam empat paket pengerjaan. " Dengan pernaikan ini. Aktivitas tambang galian C yang dilakukan warga Aie Dingin berjalan normal, kondisi jalan juga akan terpelihara," ujarnya.
Setentang pemeliharaan ini, komitmen warga yang melakukan aktivitas galian C di kawasan itu harus dipelihara. Pihak Dinas PU 'ab. Solok selalu mendorong agar masyarakat ikut. Vertanggung jawab membersikan drainasenya nanati. ". Kita bahkan sudah melakukan sosialisasi dengan 31 kelompok pekerja galian c untuk menjaga normalisasi limbah galian C ini, " " tutur Deni.
Namun demikian pihaknya masih memerlukan dukungan dana propinsi untuk rehabilitasi drainase kearah lokasi tambang masyarakat. " Sekarang kondisi jalan sudah lebih baik. Mobilitas sudah semakin lancar. Kini tinggal kita mengusulkan bagaimana ruas jalan ini menjadi jalan Nasional. Pemkab. Solok telah mengusulkan  melalui dinas Prasjal Tarkim Propinsi Sumbar, " ucap Sekretaris Dinas PU ini mengakiri.-******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar